Membandingkan Keuntungan Menjalankan Bisnis Online dan Offline

Bisnis tentu menjadi impian setiap orang, karena memiliki bisnis sendiri berarti kamulah yang menjadi pemimpin. Untuk bisa meraih itu semua, tidak semudah yang kamu bayangkan karena ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan.

Dulu untuk bisa membuka bisnis, kamu harus memiliki toko serta barang untuk ditawarkan dan bisa menarik pembeli untuk datang dan membeli barang yang tersedia di toko. Di era teknologi sekarang ini, bisnis tanpa toko dan persediaan barang pun bisa dijalankan dan konsumennya tak hanya orang orang lingkungan sekitar rumahmu, tetapi bisa mencakup sampai ke luar negeri.

Keuntungan menjalankan toko online akan lebih banyak jika dibandingkan dengan toko offline, dan berikut ini pembahasannya.

Lokasi Tempat Usaha

READ  Museum Mulawarman Yang Terkenal di Tenggarong, Kalimantan Timur

Perbedaan yang paling menonjol  antara toko offline dan toko online adalah adanya tempat usaha. Toko online sudah dapat dijalankan tanpa harus menyediakan tempat atau barang yang akan ditawarkan. Modal utama adalah gadget, internet an platform n ( Facebook, Instagram, BBM, Twitter dan lainya) untuk jualan kamu sudah bisa berbisnis. Sedangkan toko offline, toko dan sewa tempat harus ada dan menjadi modal utama yang tentu modal yang dikeluarkan akan lebih banyak.

Jangkauan Pasar

Dengan toko online, kamu dapat menjangkau pasaran lebih luas, bahkan hingga ke seluruh dunia. Kamu bisa saja mendapatkan konsumen yang berasal dari luar negeri seperti Inggris atau Amerika, karena jaringan ointernet sudah dimiliki seluruh dunia. Sedangkan toko offline hanya dapat menjangkau derah sekitar toko atau orang yang melihat toko kamu.

READ  Wisata Edukasi di Kota Tua Jakarta, Museum Bank Indonesia

Mudah dan Praktis

Toko online menjadi bisnis yang lebih praktis, cukup dengan memiliki website dan memasang b arang yang akan dijual. Transaksi juga melalui proses yang cukup mudah, hanya perlu transferan uang dan mengirimnya tanpa memikirkan uang kembalian atau harus menata barang dagangan agar dapat dilihat konsumen.

Resiko Bisnis

Berbisnis sudah pasti memiliki resiko, baik bisnis online atau bisnis offline, namun resiko akan lebih sedikit jika kamu lebih memilih  bisnis online karena bisnis online dapat menggunakan sistem dropship. Sistem dropship adalah dimana kita tidak memerlukan stok barang, karena kita hanya memajang foto barang yang kita tawarkan, dan jika ada konsumen yang tertatarik dan membelinya, pihak suplier yang akan sibuk untuk mengirim barang ke konsumen atas nama kamu.

READ  Hati-hati! 5 Kebiasaan ini Dapat Merusak Kesehatan Tubuh!

Kedua jenis bisnis ini memang memiliki kekurangan dan kelebihan, cukup disesuaikan dengan modal yanh kamu miliki. Itulah perbandingan keuntungan bisnis online dengan bisnis offline. Tak salah jika saat ini telah banyak bermunculan bisnis bisnis online yang menawarkan berbagai macam barang atau jasa, dan juga dengan platform yang saat ini semakin beragam. Apakah kamu berminat?

Jika kamu baru mulai bisnis digital, kamu bisa memulai dengan produk digital lisensi plr yang bisa kamu akui lisensi dan kamu jual dengan keuntungan 100% milik kamu.

You May Also Like

About the Author: Admins